Tumpeng Raksasa Hasil Panen Meriahkan Bersih Desa

image

Gunungkidulpost.com – Semanu – Tumpeng raksasa berisikan hasil panen di arak dengan sangat meriah menuju Balai Dusun di Padukuhan Sokokerep, Desa Semanu, Kecamtan Semanu, Minggu,(30/7/2017).  Ini merupakan rangkaian dari acara Bersih Desa atau Rasulan yang dilakukan setiap dua tahun sekali di Dusun Sokokerep ini.

Prapto Suroso sesepuh dari Padukuhan Sokokerep menyampaikan bahwa acara di laksanakan setiap dua tahun sekali pada hari Minggu Legi.

“Tumpeng raksasa yang kita susun dengan berbagai hasil panen merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rizki berupa hasil panen yang melimpah,” jelas Suroso.

Tumpeng barupa susunan hasil panen akan di perebutkan oleh warga yang sesaat setelah kenduri bersama yang digelar di Balai Dusun. Acara Rasulan di tahun ini tergolong sangat meriah. Terhitung tiga hari mulai Jumat sampai Minggu Legi, 30 Juli 2017 ini berbagai macam acara telah di sajikan untuk memeriahkan acara ini.

“Dari mulai hiburan elektone, pertunjukan seni kethoprak sampai kirap budaya di gelar dengan sangat meriah dan menarik,” papar Suroso.

Padukuhan Sokokerep yang terdiri dari sembilan Rt ini terlihat sangat rukun dan kompak dalam melaksanakan tradisi adat Rasulan kali ini. Hal ini terlihat pada saat mereka bersama-sama berkumpul bersama, menyusun tumpeng raksasa, menyuguhkan segala macam potensi yang dimiliki di setiap Rt masing-masing.

“Setiap Rt selalu menunjukan potensinya yang ada, kita sengaja menghadirkan banyak kesenian lokal, karena ini merupakan wujud dari Dusun Budaya,” pungkas Suroso. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post