Tuntutan Tak Digubris, Warga Ancam Pidanakan Kades

511 views

Massa geruduk balai desa Dadapayu kecamatan Semanu (Foto : Doc)



Gunungkidulpost.com – Semanu – Kekesalan warga Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul akan kepemimpinan kepala desa setempat, Rukamto semakin menjadi. Warga menuntut agar Rukamto bersedia mengundurkan diri, jika tidak warga mengancam akan mempidanakan Rukamto atas dugaan pungli.

Tokoh warga Dadapayu Herman mengatakan, keterlibatan Rukamto dalam pungutan liar kepada 5 kepala dusun terlantik tidak bisa dimaafkan, ratusan warga yang sebelumnya sudah melakukan demo besar – besaran  tidak mendapatkan respon.”Kabar terakhir, Rukamto akan menemui warga pada Kamis (10/11) merespons tuntutan pelengseran dirinya,” katanya.

Herman menjelaskan, jika Rukamto tidak bersedia mengundurkan diri, maka pihaknya akan mengancam akan melaporkan tindakan pungutan liar yang dilakukannya kepenegak hukum.”Kalau tidak mau mundur ya kita tidak segan – segan laporkan ke polisi,” jelasnya.

Pihaknya mengaku, besok Kamis (10/11) ratusan warga akan kembali mendatangi balai desa untuk melakukan pertemuan dengan kepala desa.”Ada ratusan massa yang akan datang,” tutupnya

Sesuai aturan, kepala desa dapat kehilangan jabatannya karena sejumlah hal. Antara lain mengundurkan diri, diberhentikan dengan tidak hormat atau terjerat sanksi pidana.(Maya)

kadespungli

Related Post