Turnamen Invistasi Resmi Digelar, Ratusan Pecatur DIY Buktikan Kualitas

38 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 126 Pecatur DIY mengikuti Invistasi catur yang digelar di Aula Terminal Daksinaga Selang, Wonosari 4-5 Agustus 2018.

Turnamen dibuka dengan ditandai melakukan langkah pertama pemain Senior Lintang Wulandari melawan Puntodewo pemain Gunungkidul yang baru duduk dibangku kelas 2 sekolah dasar.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Gunungkidul, Bambang Sutrisna mengatakan, turnamen ini diselenggarakan atas kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul dengan Percasi.

Perlombaan dilaksanakan selama 2 hari mulai Sabtu hingga Minggu (05/8).

“Turnamen ini diikuti oleh 6 master dan diharapkan menjadi ajang latihan bagi pecatur Gunungkidul dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) tahun depan,” kata Bambang kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (5/8/2018).

Menurut Bambang, secara kualitas turnamen tersebut cukup berhasil karena diikuti oleh lima Master Nasional yang cukup bagus. Selain itu dengan jumlah peserta yang melimpah hal ini menandakan bahwa minat peserta dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

“Setahun terakir perkembangan catur di Kabupaten Gunungkidul cukup bagus dengan dukungan orang tua dalam ajang Porda berada diurutan kedua dengan membawa pulang lima emas,” paparnya.

Sementara itu, Ketua II Koni Gunungkidul Drs.Supardi dalam sambutannya menyampaikan bahwa cabang olahraga catur sebagai salah satur cabor unggulan Gunungkidul. Berhasilan melakukan pembinaan dapat dibuktikan dengan menggelar turnamen minimal 8 kali pertahun.

Menurut dia, catur sebagai olahraga yang mengandalkan kemampuan otak oleh karenanya sangat membantu bagi pelajar untuk mengasah tingkat kecerdasan.

“Perkembangan catur di Gunungkidul meningkat secara signifikan. Oleh sebab itu, kami berharap dalam kejurnas 2018 di Aceh Gunungkidul bisa mengikutkan minimal 3 atlit,” ujar Supardi.

Berikut hasil kejuaraan catur Invistasi 2018.

A. Kelompok Senior Open DIY. Peringkat I: Candra PW; Peringkat II : RY Harto; Peringkat III: Dony Setiawan.

B. Kelompok Pelajar Putra SD. Peringkat I: Faridz Zaki; Peringkat II: Samuel Dave; Peringkat III: Reihan Dava.

C. Kelompok Pelajar Putri SD.
Peringkat I: Bintang Permata; Peringkat II: Indah Gita Cahyani; Peringkat III: Chelsea Setyawati.

D. Kelompok SMP/SMP Putri.
Peringkat I: Evi Ainul Janah; Peringkat II: Annastya Aes; Peringkat III: Eva Ainunnisa.

E. Kelompok SMP/SMA Putra.
Peringkat I: M.Aditya Farhan ; Peringkat II: Taufik Bagas ; Peringkat III: Haidar Daffa. (Bayu)

Related Post