Uang Ratusan Juta Hangus Dibakar

54 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Peredaran uang palsu (upal) di wilayah Gunungkidul semakin lama semakin memprihatinkan.

Terbukti dari hasil razia yang digelar oleh jajaran kepolisian mamapu membongkar gembong pengedar uang palsu yang beredar di Gunungkidul.

Adapun untuk rincian uang palsu anatara lain 81 lembar pecahan Rp50.000 dan 711 lembar pecahan Rp100.000.

“Hal ini melanggar pasal 36 ayat 3 UU RI no 7/2011 tentang mata uang,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Asnawi Mukti kepada wartawan, Selasa (26/6/2018)

Asnawi mengatakan barang bukti tersebut didapat dari kerjasama terpadu dengan Polres Gunungkidul, Pengadilan Negeri Wonosari dan Rumah Tahanan Kelas II B Wonosari.

“Tanpa seluruh komponen yang bergerak bersama hal ini tidak bisa dilakukan,” ujarnya.

Asnawi mengaku prihatin dengan peredaran di Gunungkidul yang menurutnya sudah merajalela. Kendati jumlahnya tidak lebih banyak dari daerah lain, tapi hal itu tetap menimbulkan keperihatinan.

“Kami sangat prihatin masih saja ada yang mau mengedarkan uang palsu ini,” ucapnya.

Sementara itu Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan akan terus menumpas aksi kejahatan diwilayah hukum Polres Gunungkidul.

“Kami akan tindak tegas semua aksi kejahatan yang merugikan masyarakat,” ungkapnya.

AKBP Ahmad Fuady menambahkan, pihaknya menghimbau kepada semua masyarakat jika mendapatkan uang palsu yang beredar di kalangan umum segera melaporkan ke pihak yang berwajib.

“Masyarakat kami minta untuk segera melaporkan jika melihat maupun ada peredaran upal di kalangan umum,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post