UKK SMP Gunakan Sistem CBT

18 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ujian Kenaikan Kelas (UKK) ditingkat SMP ditahun ini telah menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Seiring dengan perkembangan teknologi terserbut, beberapa sekolah masih mengalami kendala.

Meski belum seluruh sekolah di Gunungkidul menjalani ujian dengan CBT namun hampir 80% siswa di Gunungkidul sudah mengikuti ujian dengan sistem CBT.

Kepala Seksi Kurikulum SMP, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Gunungkidul, Wahyudi mengatakan sistem ini kali pertama dipraktekkan untuk jenjang SMP yang ada di Gunungkidul. Akan tetapi masih banyak kendala yang dihadapi sehingga pelaksanaan UKK SMP belum mencapai 100 persen.

“Belum semuanya mengikuti ujian dengan CBT masih ada beberapa sekolah swasta masih menggunakan ujian dengan kertas. Itu semua karena masih kekurangan komputer,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (23/5/2018).

Menurut Wahyudi, selain fasilitas komputer yang belum memadahi beberapa sekolah yang sempat mengalami gangguan, yaitu SMP N 3 Panggang, SMP N 1 Playen, SMP N 2 Playen, SMP N 1 Ngawen.

“Sebenarnya lancar pelaksanaan UKK, hanya empat sekolah itu sempat mati hidup listriknya, sehingga mengganggu jalannya ujian,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UKK SMP N 1 Playen Sujarwo mengatkan di sekolahnya memang sempat ada kendala saat uji coba. Ia menambahkan, secara umum UKK berjalan lancar. Meski saat uji coba sebelum UKK ia mengatakan beberapa siswa masih canggung, namun saat pelaksanaan anak sudah percaya diri.

“Kendalanya hanya permasalahan listrik selain itu anak-anak juga kurang percaya diri,” paparnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post