UMKM Didorong Segera Miliki Perizinan PIRT

49 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bidang makanan untuk segera melakukan pengurusan Perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Gunungkidul Widagdo mengatakan setiap tahun pihaknya memberikan bantuan sebanyak 60 UMKM untuk pengurusan PIRT. Diakuinya hal itu cukup jauh dari jumlah UMKM yang berjumlah 38 ribu.

“Karena keterbatasan anggaran setiap tahun hanya sebagian kecil yang bisa dilakukan bantuan pengurusan PIRT,” ujarnya saat ditemui wartawan, Selasa (5/6/2018).

Menurut Widagdo, pihaknya mendorong kepada pengusaha yang sudah mampu untuk mengurus secara mandiri. Sebab, hal ini penting untuk pemasaran produknya.

“Kami juga memberikan pendampingan kepada pengusaha kecil, untuk terus berinovasi,” katanya.

Widagdo mengatakan, selain itu pihaknya juga memfasilitasi pengusaha kecil untuk ikut pameran di sejumlah kegiatan di luar Gunungkidul. Salah satunya saat ini melakukan pameran di Jakarta.

Ia mengatakan, menggandeng perguruan tinggi untuk meningkatkan kwalitas produk yang dihasilkan.

“Kita fasilitasi semua, dan ternyata responnya cukup bagus. Ada beberapa yang teman UMKM yang menerima pesanan cukup banyak,” imbuhnya.

Dia menambahkan, banyaknya UMKM yang ada di Gunungkidul harus didorong untuk meningkatkan inovasi terhadap produk usaha yang dimiliki setiap pelaku usaha.

“Pengusaha didorong untuk berinovasi terhadap produknya, sehingga mampu bersaing,” tutupnya. (Bayu)

Related Post