UNBK SMP Berakhir, Sisakan Sederet Catatan

279 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Penyelenggaraan UNBK tingkat SMP/MTS 2018 di Kabupaten Gunungkidul telah usai. Berakhirnya penyelenggaraan tersebut menyisakan beberapa catatan.

Faktor eksternal mulai dari fasilitas sekolah yang belum optimal dinilai dapat mengganggu jalannya ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rasyid mengakui adanya berbagai masalah yang menimpa penyelenggaraan UNBK SMP/MTS di wilayahanya. Seperti dialami sejumlah sekolah yang terkendala matinya listrik serta gangguan server.

“Iya memang tahun ini ada kendala, tapi tidak terus fatal mengganggu peserta,” ujarnya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Kamis (26/4/2018).

Adapun untuk kendala ujian terjadi sejumlah sekolah di antaranya SMP Kanisius Wonosari, SMPN 3 Wonosari dan beberapa sekolah lainnya karena matinya listrik akibat trafo meledak.

Bahron mengklaim semuanya berjalan dengan lancar. Hingga hari terkahir yang jatuh pada Kamis pihaknya tidak menerima laporan adanya masalah.

“Terlepas dari dua hari awal, hingga hari ini tidak ada laporan masalah, bahkan hingga saat ini seluruh siswa bisa mengikuti ujian dan tidak ada yang susulan,” bebernya.

Meski diklaim lancar, tapi Bahron berharap untuk kedepan kendala baik itu dari internal sekolah maupun gangguan teknis di luar tidak terjadi.

“Jadi kedepan jangan sampai ada sesi ke tiga, maksimalnya sampai sesi kedua biar tidak terlalu sore. Tahun depan kami juga usahakan untuk pengadaan komputer lagi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMP Kanisius Wonosari, Yohanes Nugraha mengatakan meski hari ke dua ujian pihaknya terkendala mati listrik tapi hal itu bukan menjadi halangan berarti.

Pasalnya sampai hari terakhir ujian siswanya bisa menyelesaikan UNBK dengan lancar.

“Semoga hasilnya lebih baik dari pada tahun yang lalu,” ujar Yohanes Nugraha. (Bayu Prihartanto)

Related Post