UNBK SMP, Dinas Siapkan Komputer Baru

Sekertaris Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid. (Foto: Doc)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul akan membeli ratusan buah komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 
Sekretaris Disdikpora, Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, Pemkab menganggarkan Rp 4,5 miliar untuk pengadaan komputer di 61 SMP Negeri. “Tahun ini kami akan membeli hampir 1000 komputer untuk pelaksanaan UNBK,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (2/2/2017). 
Menurut Bahron, dengan anggaran Rp 4,5 milyar nantinya seluruh komputer akan disebar ke 61 sekolah yang ada. Hal ini untuk mencukupi batas minimal 20 komputer. Selain itu, upaya yang bisa dilakukan meminjam komputer milik SMA/SMK terdekat. “Untuk tahun ini pengadaannya untuk sekolah yang kurang perngkatnya,” ucapnya.

Pihaknya terus berupaya melakukan penyebaran sarana dan prasarana selain komputer juga  sarana prasarana lain seperti listrik dan jaringan internet. Diakuinya, untuk sekolah pelosok ada yang terkendala jaringan internet. “Kami targetkan tahun ini seluruh SMP yang ada di Gunungkidul dapat menyelenggarkan UNBK,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP, Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Kusmanto mengaku, selain masalah alat, ada beberapa sekolah yang terkendala jaringan internet yang belum memadahi. Saat ini ada 111 SMP baik negri maupun swasta yang tersebar di 18 kecamatan. “Masih ada sekolah yang jaringannya internet kurang bagus terutama di pinggiran,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post