UNBK SMP Hari Pertama Diwarnai Ganggguan Koneksi

48 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Gunungkidul, sempat diwarnai gangguan koneksi di beberapa sekolah, Senin (23/4). Kondisi itu sempat menyebabkan siswa peserta ujian panik.

Gangguan listrik mati dan koneksi, di antaranya terjadi di seluruh kecamatan di Gunungkidul.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid mengungkapkan, di Gunungkidul terdapat 141 sekolah yang menyelenggarakan UNBK SMP.

Keterlambatan proses login untuk mengakses soal UNBK (gangguan koneksi) terjadi pada pelaksanaan sesi pertama.

“Sesi pertama terjadi keterlambatan 15 menit untuk login, di lab komputer II terlambat 40 menit, dan di lab I terlambat satu jam lebih sedikit, sehingga mulai dan berakhirnya (ujian) tidak bersamaan,” ungkapnya.

Menurut Bahron, berdasarkan informasi dari group sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK, memang banyak sekolah untuk proses login-nya lambat. Pihaknya pun menduga hal itu terjadi karena faktor server dari pusat.

“Bukan dari sekolah, bukan internetnya, tapi dari server pusat,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu siswa peserta UNBK di SMPN di Wonosari, Eko Pamungkas (16) mengaku sempat panik karena gangguan koneksi sekitar 30 menit. Meski dapat kembali lancar namun dia merasa terganggu karena konsentrasi menjadi terpecah.

“Setelah listrik hidup, masih harus menunggu diporses dan login, jadi terhenti sekitar 30 sampai 45 menit. Harapannya besok lancar, tidak terulang lagi sampai hari keempat,” bebernya. (Bayu Prihartanto)

Related Post