Upacara Hari Jadi Gunungkidul Dimeriahkan Tayub Masal

677 views
image

Tari Tayub Meriahkan Upacara Hari Jadi Gunungkidul. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke-186 ini merupakan momentum sejarah hari lahirnya Gunungkidul.

Namun ada yang unik dan jarang dijumpai dalam momentum perayaan ini. Untuk perayaan tahun ini Pemkab berusaha menampilkan potensi lokal berupa tari tayub yang terkenal diluar daerah.

Kesenian lokal asal Semin ini dimainkan oleh ratusan penari secara masal.

Ketua Panitia Kegiatan Hari Jadi Gunungkidul, Agus Prihastoro mengatakan, perayaan hari jadi ini kesempatan kita menggunggulkan potensi kesenian lokal. Selain itu juga semarak berpakaian adat Yogyakarta serentak dilakukan untuk menyemarakan ulang tahun hari jadi ini.

“Antusias warga sangat besar dan kali ini kita tampilkan kesenian lokal asal Gunungkidul,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (24/5/2017).

Sementara itu, Kepala Seksi Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Dwijo Winarno mengatakan, semua penari tayub kami tampilkan dihadapan tamu undangan dan masyarakat Gunungkidul. Hal itu untuk mengenalkan potensi tari lokal asal Gunungkidul.

“Ini secara khusus dipersembahkan untuk masyarakat Gunungkidul agar semuanya tau tari tayub merupakan tarian asal Gunungkidul,” bebernya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post