UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul Masih Kekurangan Armada

image

Kantor UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemadaman saat terjadi kebakaran, khususnya di daerah pelosok masih belum optimal. Pasalnya, untuk saat ini Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Gunungkidul masih kekurangan armada pemadam kebakaran atau damkar.

Damkar yang dimiliki saat ini berjumlah tiga unit. Dan tiga unit damkar tersebut mencakup seluruh wilayah di Kabupaten Gunungkidul. Diakuinya semula terdapat empat mobil, namun satu unit mobil damkar saat ini dalam kondisi rusak.

Dengan jumlah tersebut, dia menilai tidak ideal dibandingkan luas wilayah cakupan penanganan kebakaran yang tergolong luas, di Kabupaten Gunungkidul.

“Hanya ada tiga damkar yang masih aktif untuk mengkover wilayah Gunungkidul. Padahal luas Gunungkidul itu sekitar 46% dari wilayah DIY,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Diyono, Selasa (5/9/2017).

Selain masalah sarana dan prasanana, pihaknya juga kekurangan SDM pemadam kebakaran. Hingga kini hanya terdapat delapan personel pemadam kebakaran yang berjaga rutin setiap hari, terdiri dari tiga driver, dan lima operator.

Masalah lain adalah tidak adanya pos pembantu yang beroperasi di daerah-daerah pinggir yang jauh dari pusat kota. sehingga menghambat upaya penanganan kebakaran, sehingga menjadi tidak optimal.

Dalam Permendagri terkait penanganan kebakaran disebutkan bahwa wilayah cakupan kebakaran adalah 7,5 kilometer. Lebih dari itu, dibutuhkan pos pembantu yang akan membantu penanganan kebakaran.

“Jarak yang sangat jauh, membuat kita yang ada di pusat kota Wonosari, terpaksa menempuh waktu yang cukup lama untuk memadamkan api. Padahal, dalam penangana kebakaran ini masalahnya waktu,kalau lambat, habislah,” ujarnya.

Pihaknya pun setidaknya membutuhkan empat pos pembantu. Dirinya juga sudah mengusulkan pembangunan pos pembantu di daerah Karangmojo, Paliyan, Tepus, dan Kecamatan Patuk, Gunungkidul. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post