Urbanisasi Naik, Begini Tanggapan Bupati

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasca lebaran jumlah urbanisasi terus meningkat. Hal itu terbukti bahwa permohonan kartu pencari kerja atau kartu kuning di Gunungkidul meningkat hingga 300%.

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrnas) Gunungkidul, pasca lebaran jumlah pemohon kartu kuning

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrnas) Gunungkidul, Madyarina Mulyaningsih jumlah pemohon kartu kuning rata-rata perhari mencapai 50 hingga 60 orang.

“Memang mengalami peningkatan signifikan sejak Senin lalu. Dan kami prediksi masih akan terus bertambah,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (6/7/2017).

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah tidak menampik adanya peningkatan urbanisasi pasca lebaran. Dia mengakui setiap tahun ratusan orang dari Gunungkidul, hijarah ke berbagai kota di Indonesia, utamanya Jakarta.

Dia pun mengakui bahawa peluang pekerjaan menjadi pekerja kantoran hingga pekerjaan swasta sulit ditemukan di Gunungkidul. Sehingga hal itu menimbulkan minat warga gunungkidul untuk hijrah ke darah lain untuk mencari penghasilan yang lebih baik.

“Dari tahun ke tahun warga Gunungkidul banyak memilih untuk mencari pekerjaan diperkantoran terutamanya di Jakarta. Sehingga tiap masa kelulusaan anak sekolah pasti ada peningkatan jumlah pemohon kartu kuning,” ucap Badingah.

Dirinya berharap agar warga Gunungkidul dapat membangun tanah kelahiranya sendiri. Terlebih lagi saat ini perkembangan pariwisata di Gunungkidul sangat pesat.

”Sebaiknya mengembangkan potensi desanya. Contohnya di Desa Wisata Nglanggeran yang bisa menyerap ratusan pemuda desa sebagai pengelolanya. Mereka tak perlu merantau sudah mendapatkan penghasilan cukup lumayan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post