Virus Tikus Makin Resahkan Petani, Begini Sikap Pemkab

501 views

Ilustrasi. Net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan pembasmian tikus di Desa Terbah, Kecamatan Patuk, untuk mencegah penularan lepstopirosis. Pasalnya, di wilayah ini diduga beberapa warga meninggal dunia akibat bakteri yang ditularkan melalui urine tikus tersebut.

Sekertaris Dinas Pertanian Astuti Adiati mengatakan, atas permintaan pemerintah desa Terbah, pihaknya mengirimkan obat dan petugas. Pembasmian yang dilakukan dengan cara pengasapan di lubang tempat persembunyian tikus. “Pembasmian dilakukan dengan cara pengasapan langsung dilobang persembunyian tikus,”katanya Kamis (23/3/2017).

Dijelaskannya, pembasmian ini cukup evektif untuk membasmi tikus. Namun dari beberapa lokasi yang disinyalir menjadi wilayah persebaran lepstopirosis baru Terbah yang meminta untuk pembasmian. Pihaknya terus akan melakukan sosialisasi kepada para petani untuk bekerja setelah matahari terbit sehingga bisa mengurangi resiko penularan bakteri.
Ia juga meminta masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, dan memakai alat pelindung diri jika akan ke ladang atau sawah untuk mencegah penularan. “Untuk zona utara baru desa Terbah yang mengajukan permintaan,”jelasnya.

Astuti menyampaikan, pihaknya terbuka bagi wilayah lain yang menginginkan bantuan obat untuk memberantas tikus. Stok obat pembasmi tikus di wilayahnya cukup banyak. Permintaan bisa dilakukan melalui kelompok tani, atau desa langsung ke dinas pertanian. Diakuinya untuk wilayah Gunungkidul tak begitu banyak lahan pertanian yang terserang hama. Disinggung mengenai identifikasi lahan pertanian yang terserang tikus, pihaknya belum melakukan pendataan. “Kalau disini tak begitu banyak,”imbuhnya.

Sementara itu, Camat Haryo Ambar Suwardi mengatakan, sebagai wilayah paling banyak warga terserang penyakit lepstopirosis pihaknya meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Upaya yang dilakukan yakni melakukan sosialisasi sampai tingkat Rt/Rw “JIka diperlukan kami meminta masyarakat untuk melakukan gropyokan tikus,”katanya. (Heri)

Related Post