Volume Sampah di Gunungkidul Meningkat Signifikan

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul telah mencatat terdapat peningkatan signifikan volume sampah selama libur Lebaran 2017.

Data yang diperoleh di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPAS) Wukirsari, Baleharjo, Wonosari, mencatat ada sebanyak 720 meter kubik sampah yang masuk hingga H+3 Lebaran. Sampah tersebut tidak hanya berasal dari rumah tangga dan pasar, namun juga berasal dari tempat wisata serta pantai.

Koordinator TPAS Wukirsari Rusdianto mengatakan, dari H-3 Lebaran, tempatnya bekerja mencatat ada sebanyak 120 meter kubik sampah masuk. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan hari-hari biasa yang hanya masuk sekitar 100 meter kubik.

“kami harus bekerja ekstra untuk mengatasi masalah ini dan mengoptimalkan semua petugas,” katanya, Jum’at (30/6/2017).

Kepala DLH Gunungkidul Agus Priyanto mengungkapkan, pengangkutan sampah pada Lebaran kali ini tidak hanya dilakukan oleh DLH. Belum adanya payung hukum yang jelas mengenai tupoksi dari UPT Kebersihan dan Pertamanan, membuat DLH harus berkoordinasi dengan sejumlah dinas untuk pengangkutan sampah.

“Total ada 104 petugas kebersihan yang dikerahkan untuk pengangkutan sampah. Dari jumlah tersebut, sampah yang ada kemudian diangkut dengan 25 armada dari berbagai dinas sebelum dibawa ke TPAS Wukirsari,”paparnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post