Volume Sampah Meningkat, Warga di Sekitar TPA Sampah Makan Sambil Hirup Bau Menyengat

460 views

image

Tumpukan sampah. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki akhir tahun 2016, volume sampah di Gunungkidul naik drastis. Kenaikan tersebut membuat tumpukan sampah yang berada di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) sampah di Wukirsari, Desa Baleharjo, Wonosari sudah mencapai ketinggian hampir 3 meter. 

Dampak dari tumpukan sampah tersebut sangat dirasakan oleh warga RT 06 dan RT 07 Padukuhan Wukirsari, Desa Baleharjo. Akibat tumbukan sampah yang mulai tinggi, bau yang menyengat pun mulai dirasakan oleh warga di dua RT tersebut.

“Tumpukan sampah sudah setinggi 2 hingga 3 meter dari permukaan tanah. Bau yang menyengat pun mulai kembali dirasakan oleh warga,” kata salah satu tokoh masyarakat setempat, Tugino saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (15/11/2016).

Hal senada juga dirasakan oleh ketua RT06 Sunardi, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke TPAS Wukirsari, menurutnya volume sampah semakin hari semakin naik lokasi untuk menimbunan sampah juga sudah hampir penuh. Sehingga tumpukan sampah setinggi 2 meter itulah yang membuat bau menyengat hingga ke pemukiman warga.

“Lokasi penimbunan sudah hampir penuh, dan volume sampah tiap hari semakin meningkat. Ini yang menyebabkan bau hingga dirasakan warga, makan pun sambil menghirup bau sampah,” paparnya.

Pihaknya berharap, pemerintah untuk segera melakukan pengembangan lahan. Sehingga sampah dapat tercover dengan baik. “Semoga segera dilakukan pengembangan lahan, agar sampah tak menggunung seperti ini,” bebernya. 

Terpisah, Kepala Kantor Pengendali Dampak Lingkungan Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan, pihaknya bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum telah melakukan koordinasi terkait pembahasan pelebaran ini. Dia berharap, tahun 2017 mendatang segera dana anggaran yang diajukan ke pemerintah pusat untuk pembangunan pelebaran wilayah TPAS segera direalisasikan.

“Semua sudah kami bahas agar tumpukan sampah dapat tercover dengan baik, dan kami telah usulkan anggaran ke pusat untuk pembangunan pelebaran lagi,” ungkapnya. (Bayu)

tpaswukirsari volumesampahmeningkat

Related Post