Wacana UNBK SD, Dinas Usulkan Program Ke DIY

117 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Memasuki tahun 2020 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul berencana melaksanakan Ujian Nasional Sekolah Dasar (SD) dengan sistem Ujian Nasional Berbass Komputer (UNBK).

Nantinya UNBK yang akan menyasar SD sebagai bentuk implemantasi Kabupaten Gunungkidul yang dinobatkan sebagai smart city dengan pemanfaatan teknologi informatika dalam bidang pendidikan.

Sekretaris Disdikpora, Sudiya Marsita menuturkan Disdikpora Gunungkidul telah mengusulkan program UNBK untuk SD ke Gubernur.

“Kita masih taraf pengusulan dan masih menunggu ijin dari DIY, apakah kabupaten lain sudah siap untuk UNBK SD atau belum,” katanya, Senin (16/9).

Meski begitu, Sudiya mengaku pihaknya saat ini baru taraf pengusulan. Jika nantinya distujui berbagai upaya, dinas siap untuk segera mensosialisasikan persiapan tersebut.

“Jika usulan distujui kami siap menyiapkan kesiapannya. Tentunya untuk awalan pelaksanaanya nanti akan meminjam lab komputer yang ada di SMP/SMA terdekat,” ujarnya.

Disinggung kesiapan peserta didik dalam mengoperasika perangkat komputer, Sudiya menjelaskan sebagian besar murid kelas 6 SD sudah bisa mengoperasikan dengan baik. Apalagi TIK mulai saat ini telah terintegrasi dengan muatan lokal.

Pihaknya mengatakan, program UNBK SD sudah diinformasikan keseluruh sekokah melalui kepala sekolah.

“Anak-anak sekarang sudah cerdas apalagi yang ada dipedesaan saya yakin sudah mampu mengoperasikan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang wali murid di Wonosari Bakti mengaku setuju dengan adanya UNBK SD. Hanya saja harus diimbangi dengan fasilitas yang memadai.

“Harus berimbang dengan fasilitas. Jangan sampai sudah dilakukan UNBK tapi sarana seperti komputer belum memadai,” ucapnya. (Falentina)

Related Post