Wakil Bupati “Gembar-Gembor” Dihadapan Juri

388 views
image

Wakil Bupati Gunungkidul Bersama Ketua Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat DIY. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Fokus pembangunan di Gunungkidul saat ini memang benar-benar berbasis pariwisata, sebagai potensi yang diharapkan dapat memberi beragam dampak positif bagi masyarakat Gunungkidul.

Hal ini disampaikan oleh Immawan Wahyudi, Wakil Bupati Gunungkidul, dalam sambutannya saat menyambut Tim Penilai Lomba Desa Ngeposari 2017 dari DIY pada Selasa, (30/5/2017).

Mengingat beragamnya dampak positif yang ditimbulkan dari sektor wisata maka sektor lain seperti pertanian, perkebunan, perdagangan dan perindustrian baik dalam sekala besar maupun kecil serta jasa kuliner juga ikut dikembangkan seiring perkembangan wisata di Gunungkidul yang semakin pesat.

Immawan Wahyudi berharap, untuk desa lain yang memiliki potensi dalam sosoal budaya, maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menghasilkan produk berciri khas Gunungkidul semakin memprioritaskan, mengintensifkan pengembangan potensi lokal desa.

“Pengembangan potensi lokal dapat dilakukan melalui kelembagaan desa yang lebih profesional,sistematik, dan intensif seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com.

Harapannya, potensi di setiap desa dapat dikembangkan secara optimal, sehingga dapat memberi manfaat besar bagi desa itu sendiri. Menurut Immawan, ajang lomba desa ini bisa menjadi momentum yang tepat untuk desa, untuk mengevaluasi, instropeksi diri terkait perjalanan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan umum.

“Melalui lomba desa ini desa mendapat kesempatan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan baik dalam administratif maupun pelaksanaan dilapangan, sehingga semakin lama semakin betkualitas, transparan, dan akuntable,” bebernya.

Pihaknya menambahkan, semoga dengan lomba desa bisa menjadikan Desa Ngeposari menjadi desa yang maju, berdaya saing, mandiri, sejahtera lahir dan batin. 

“Semoga hasil ferivikasi dilapangan oleh Tim Penilai akan menunjukan kenyataan yang sesungguhnya terkait kondisi dan dinamika pemerintahan, pembangunan Desa Ngeposari, serta menjadi masukan yang berharga bagi desa untuk melakukan perbaikan,” pungkas Immawan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post