Warga Berharap Telaga Balong Dapat Difungsikan Kembali

image

Kondisi telaga Balong disaat musim kemarau (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Girisubo –
Keberadaan telaga Balong yang berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo sudah tidak berfungsi normal sejak puluhan tahun lalu.
Masyarakat berharap proses revitalisasi Telaga Balong, yang sempat mengering dapat mengembalikan fungsi telaga seperti semula.

Dua alat berat diturunkan untuk melakukan pengerukan sedimentasi untuk menghidupkan lagi Telaga Balong. Tanah-tanah yang berhasil diangkat kemudian digunakan untuk meninggikan tanggul yang ada di sekitar telaga tersebut.

Salah seorang warga Dusun Kasihan, Desa Balong Susiyatno (32) mengatakan, sejak beberapa hari lalu sejumlah dump truk hilir mudik mengangkut tanah yang diangkat backhoe yang beroperasi di area Telaga Balong. Proses ini, lanjut dia, sebagai upaya untuk menghidupkan kembali keberadaan telaga agar dapat berfungsi normal.

“Untuk sekarang telaga tidak bisa dimanfaatkan karena sulit menampung air. Kondisi ini sudah terjadi sejak saya kecil,” katanya, Kamis (10/8/2017).

Menurut dia, telaga tidak berfungsi normal karena adanya pendangkalan tanah sehingga tampungan air yang dimiliki tidak bisa maksimal. Yatno tidak menampik, pada saat musim hujan di telaga masih dapat menampung air, namun kondisinya tidak berlangsung lama karena cepat mengering.

“Kalau saat ini jelas tidak ada air, apabila saat musim hujan jika ada terang beberapa hari saja airnya sudah menyusut drastis,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post