Warga Diajari Berpolitik, KPU Bentuk Rumah Pintar

424 views

image

Rumah pintar. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul melakukan pelatihan kader demokrasi desa yang dikemas menjadi Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga desa yakni, Desa Sambirejo, Ngawen, Kamis (1/12), di Desa Sidoharjo, Tepus pada Rabu pada (7/12) nanti dan di Desa Plembutan pada Rabu (14/12) mendatang.

Diharapkan pendidikan politik di masyarakat tersebut kedepan bisa terus terjadi. Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ikhsan mengatakan, Rumah Pintar Pemilu (RPP) dilaksanaka di tiga desa, meliputi Desa Sambirejo, Ngawen; Sidoharjo, Tepus dan Plembutan, Kecamatan Playen. Melalui RPP ini masyarakat dapat mendapatkan pendidikan politik.  “Kita akan melakukan kegiatan RPP di

tiga tempat, dan supaya masyarakat akan meningkat tentang wawasan politik,” katanya kepada Gunungkdiulpost.com, Sabtu (3/12/2016).

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dilakukan secara bergantian. Zainuri mengatakan, 30 orang kader ini akan melakukan pelatihan kepada masyarakat. Sehingga proses demokrasi di tingkat desa bisa berjalan dengan baik.

“Setiap kegiatan akan diikiti oleh 30 kader. Selain itu juga para para keder kedepan bisa menjadi penyelenggara seperti  KPPS, PPS bahkan PPK dalam pemilu mendatang,” jelasnya.

Sementara Anggota KPU Gunungkidul Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Humas Yuda Ayu Mindarsih mengatakan kegiatan RPP akan dilaksanakan didaerah

lain. 

“Ini merupakan bentuk kaderisasi dan regenerasi terhadap pemilu,” paparnya. (Bayu)

rumahpintarkpud

Related Post