Warga Dihimbau Untuk Waspada Angin Kencang Terjadi Pada Beberapa Hari Kedepan

310 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama beberapa hari kedepan diprediksi akan terjadi angin kencang. Untuk itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai fenomena alam itu pada puncak musim hujan.

Staf Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Indah Retno Mulan mengatakan, peningkatan kecepatan angin saat ini terutama di bagian selatan antara lain karena dipicu adanya perbedaan tekanan udara yang cukup besar pada bagian utara ekuator (Laut China Selatan) yang bertekanan tinggi mencapai sekitar 1.018 hPa, sedangkan tekanan udara di selatan equator (Australia) mencapai 990 hPa.

“Kecepatan angin berpotensi meningkat disertai intensitas hujan sedang hingga lebat,” katanya kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Menurut dia, Perbedaan selisih tekanan udara yang cukup besar itu memicu pergerakan angin masuk wilayah Indonesia menjadi lebih besar.

Berdasarkan pemantauan BMKG, kecepatan angin di selatan Jawa atau di pesisir selatan Yogyakarta saat ini mencapai 15-25 knot (27-46 km per jam) dengan kategori tinggi. Dampak kecepatan angin yang tinggi tersebut memicu peningkatan tinggi gelombang berkisar 2,5-4 meter.

“Kondisi ini diperkuat dengan muncul beberapa tekanan rendah di selatan Jawa hingga kisaran Australia, memicu kecepatan angin,” jelasnya.

Hal lain yang perlu diwaspadai masyarakat adalah peluang hujan yang masih intensif, mengingat pola angin serta suhu muka laut yang hangat mendukung terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat. (Heri)

Related Post