Warga Gedag Heboh Temukan Ribuan Uang Logam China


Gunungkidulpost.com – Palyen – Warga dusun Gedag, Banyusoca, Playen beberapa pekan lalu menemukan uang logam alias koin bertuliskan huruf Cina seberat 13,5 kilogram. Ribuan keping uang logam itu ditemukan di lahan milik Saridi, saat akan menggali tanah.

Kanit Reskrim Polsek Playen, Aiptu Teguh Priyono mengatakan, uang logam yang diduga koin cina itu ditemukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada hari Kamis (6/10/2016), saat itu pemilik sedang menanam tanaman di pekarang yang berjarak kurang lebih 100 meter

“Kebetulan kondisi pekarangan berada di atas bukit. Lalu saat bapak Saridi menggali tanah itu menemukan hanya sekitar satu sampai dua koin. Setelah itu anak-anaknya, melanjutkan pencarian dan ternyata banyak ditemukan uang tersebut disela-sela batu,” katanya, Jumat (21/10/2016).

Teguh Priyono menjelaskan, mendapati adanya uang logam tersebut, minggu selanjutnya pada hari kamis (20/10/2016), warga sekitar melakukan pengerukan tanah tahap kedua dan berhasil menemukan berjumlah sekitar ribuan logam, dengan berat mencapai 13,5 kilogram.

“Setelah uang itu terkumpul baru dilaporkan oleh pihak kepolisian. Lalu kita langsung mendatangi TKP dimana ditemukan uang logam tersebut,” ujarnya.

Menurut Teguh, pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) untuk dilakukan penelitian terhadap uang logam tersebut. “Rencana nanti dari arkeolog mau datang kesini meneliti uang logam tersebut,” pungkas. (Nena)

Related Post