Warga Gunungkidul Resah Akibat Diserang Kera Ekor Panjang

image

Warga Gunungkidul Resah Akibat Disarang Kera Ekor Panjang

Gunungkidulpost.com – Semin – Sejumlah warga di Padukuha Bonpon, Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, resah lantaran munculnya serangan kera ekor panjang yang menghabiskan tanaman milik petani.

Untuk itu Pemkab Gunungkidul akan melakukan koordinasi lintas sektoral guna mengantisipasi serangan sera yang semakin meluas.

Salah seorang petani di Padukuhan Bonpon, Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, Widodo mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir pihannya bersama warga lain resah dengan munculnya serangan kera ekor panjang. Hewan dengan nama latin Macaca fascicularis memakan apa saja yang ditanam petani diladang.

“Ketela habis, jagung juga, pokoknya tanaman petani itu dimakan. Kalau sudah habis daun pun dimakan mereka,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (26/5/2017).

Lebih lanjut, Widodo menuturkan antisipasi yang dilakukan petani hanya dilakukan sebatas mengusir, dan tidak berani membunuh atau berburu. Untuk bulan kemarau, para petani memilih untuk membiarkan ladangnya tidak ditanami.

“Akibatnya sekarang tidak panen, mending ya dibiarkan saja,” tuturnya.

Hal serupa dikatakan,Ketua RT 01 RW 04 Dusun Piyuyon, desa Pacarejo, Semanu, Sumadi, saat musim kemarau warga harus mempertahankan tanamannya dari serangan ribuan kera ekor panjang yang turun gunung. Bahkan belum lama satu petak kebun jagung milik warga habis dimakan ribuan ekor kera.

“Sudah biasa kami menerima serangan kera ekor panjang, saat musim hujan mereka tinggal di goa, tetapi jika kemarau turun untuk mencari makan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan mengenai serangan kera ekor panjang di beberapa kecamatan.

Sebenarnya pihak pemerintah kabupaten beberapa tahun lalu sudah menanam tanaman yang menjadi sumber makanan untuk kera-kera tersebut. Namun demikian, masih belum berbuah hingga saat ini.

“Sudah ada laporan, luas serangannya kecil-kecil. Tetapi membuktikan serangannya susah,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post