Warga Ngalang Gelar Nyadran di Puncak Gunung Gentong

545 views
image

Puluhan Warga Desa Ngalang Menggelar Upacara Nyadran. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Puluhan warga Desa Ngalang, Gedangsari melakukan upacara nyadran di Puncak Gunung Gentong. Tak kurang dari seribu paket nasi menghiasi upacara yang dilakukan Selasa (25/4/2017).

Ketua Panitia Nyadran, Kadari mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagi upacara syukur masyarakat Desa Ngalang atas hasil pertanian yang melimpah salama satu tahun terakhir.

“Kurang dari seribu paket nasi, lauk pauk dan hasil bumi yang dibagikan kepada masyarakat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Upacara adat nyadran ini diawali dengan menyiapkan seribu paket nasi menggunakan alas daun jati. Usai proses doa bersama, seribu paket nasi tersebut di bagikan kepada seluruh warga.

“Upacara ini merupakan peninggalan budaya nenek moyang sejak dulu,” imbuhnya.

Menurut Kadari, selain sebagai tradisi kegiatan tersebut juga memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

“Upacara adat seperti ini juga bertujuan untuk mengangkat pariwisata khususnya di Desa Ngalang,” bebernya.

Sementara itu, salah satu wisatawan mancanegara asal Inggris, Dongkan Broscoli mengaku kagum dengan tradisi nyadran seperti yang digelar di Desa Ngalang ini. Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat melestarikan upacara adat ini sehingga nilai sejarah tidak mudah pudar.

“Ini sangat bagus dan harus terus dilestarikan. Saya harap, lebih dapat dikemas dengan baik sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan yang hadir ke Gunungkidul,” tuturnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post