Warga Rongkop Dilanda Kekeringan

652 views




Gunungkidulpost.com – Rongkop – Ratusan warga Desa Boto Dayakan, Kecamatan Rongkop mengharapkan bantuan air bersih dari pemerintah kabupaten Gunungkidul. Pasalnya, selama ini sebagian warga hanya mengandalkan tadah hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari mereka.

Dukuh Boto Tengah, Pujianto mengatakan, sebagian warga yang masih mengandalkan air tadah hujan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka hingga kini kondisinya sangat memprihatinkan.  

“Ada sekitar 100 keluarga lebih yang sudah tidak memiliki persediaan air bersih. Mereka tersebar di Padukuhan Boto Tengah, Boto Tlogo, Boto lor, dan Gendis,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (20/9/2016).

Menurut Pujianto, selama ini ratusan warga tersebut mengandalkan air hujan yang tersimpan di tandon-tandon air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun kekeringan telah berlangsung sejak tiga pekan lalu, akan tetapi saat ini persediaan air hujan dalam bak penampungan milik mereka telah habis.

“Sebagian warga ada yang membeli air bersih melui jasa tangki berkapasitas 5.000 liter. Namun warga yang tidak mampu membeli air terpaksa mencari air bersih ke desa-desa tetangga,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, kepada Pemkab untuk segera memberikan bantuan air bersih ke desa mereka yang sebagian besar masyarakatnya berpenduduk sebagai petani. Sehingga parmasalahan warga segera dapat teratasi. 

“Kami berharap adanya bantuan air bersih yang masuk ke desa ini, sehingga masyarakat akan sangat terbantu,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post