Waspada…6 Makanan Mengandung Boraks Di Pasar Argosari

image

Petugas Saat Melakukan Pemerikasaan Makanan Berbahaya di Pasar Argosari. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Makanan dengan campuran bahan berbahaya masih ditemukan disejumlah pedagang pasar Tradisional Argosari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Makanan tersebut mengandung Rhodamin B yang dinilai berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Staf seksi Pemeriksaan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Sri Yuniati mengatakan, pihaknya mengambil sampel sejumlah makanan yang biasanya dicampur bahan berbahaya. Seperti cendol, lanting, bakso, rengginan, Moho, bleng cap Semar, kerupuk merah singkong, kerupuk singkong merah putih, selondok super, dan mie basah. 

Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui ada dua jenis yang digunakan yakni Rohodamin B dan Borak.

“Ada 6 makanan yang mengandung bahan berbahaya yakni menggunakan  Rhodamin B dan Borax,” katanya ditemui seusai melakukan pemeriksaan Senin (12/6/2017)

Dia menuturkan, makanan yang mengandung bahan berhaya yakni Lanting merah, Rengginan, Kerupuk singkong merah dan merah putih, serta bleng dua jenis mengandung Borax. Merujuk WHO dan peraturan menteri kesehatan tahun 1985 sudah dilarang. Rhodamin B sudah di berbahaya karena kandungan logam berat dan sifat kimiawinya. Pun demikian dengan borax, juga dilarang untuk pembuatan makanan. 

menurut Sri, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan lurah pasar untuk melakukan pemantauan kepada para penjual.

“Kami akan berikan surat pernyataan untuk tidak menjual kembali bahan makanan tersebut dan kami akan  bekerjasama dengan lurah pasar agar memantau tentang makanan berbahaya ini,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post