Waspada Angin Kencang Melanda Gunungkidul

(Foto: Ilustrasi Net)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta mengimbau masyarakat mewaspadai potensi angin kencang pada akhir Desember 2017.
Diperkirakan kecepatan angin mencapai lebih dari 20 knot.

“Angin kencang itu perlu diwaspadai terutama pada saat terjadi hujan lebat,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiono saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Sabtu (30/12/2017).

Menurut Djoko, umumnya angin kencang itu lebih berpeluang muncul di laut dibandingkan di darat.

Selain itu, kata dia, periode akhir Desember 2017 hingga awal Januari 2018 adalah periode menguatnya pola angin baratan yang membawa dampak pada peningkatan hujan serta tinggi gelombang di perairan laut selatan.

“Perlu diwaspadai untuk peningkatan tinggi gelombang terutama di wilayah perairan selatan Gunungkidul,” ungkapnya.

Menurut dia, suplai massa udara lembab dari Samudera Pasifik dan Daratan Asia serta dari Samudera Hindia yang terakumulasi di wilayah kepulauan Indonesia memicu penyebab tingginya potensi hujan lebat di beberapa wilayah bagian di indonesia termasuk di Yogyakarta.

“Paling banyak terjadinya hujan pada sore hingga malam hari, sedangkan pada pagi hingga siang hari kondisinya berawan,” tutup Djoko Budiono. (Heri)

Related Post