Waspada Antraks, Begini Tanggapan Dinas

604 views

Ilustrasi. Net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kesehatan Gunungkidul meminta setiap pusat kesehatan masyarakat yang ada di wilayah tersebut meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penularan penyakit antraks ke manusia meskipun kasus tersebut sangat jarang terjadi.


Sekretaris Dinas Kesehatan, Dewi Irawaty mengatakan, kasus penularan penyakit antraks sangat jarang terjadi. Namun pihaknya selalu waspada terhadap penyebaran penyakit tersebut.
“Kasus penularan ke manusia sangat jarang terjadi. Namun, kami tetap meminta puskesmas untuk meningkatkan kewaspadaan setelah muncul kasus di Kabupaten Kulon Progo,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Sabtu (21/1/2017).

Menurut dia, petugas di setiap puskesmas diminta mewaspadai pasien yang mengalami sejumlah gejala seperti demam, peradangan, mual hingga muntah, khususnya terhadap pasien yang diketahui memiliki riwayat melakukan kontak langsung dengan hewan ternak atau produk dagingnya.

Menurut Dewi, penyakit antraks yang disebabkan bakteri Bacillus Anthracis tersebut bisa menyerang sejumlah bagian tubuh seperti kulit hingga selaput otak.“Semuanya perlu diwaspadai,” ujarnya.


Dia berharap, masyarakat mulai meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Baik dengan pola makan yang sehat maupun dengan menjaga kebersihan. Sehingga ancaman terserangnya penyakit dapat diatasi. “Harapan kami masyarakat juga waspada dan mulai meningkatkan kesehatan dan pola makan,” bebernya. (Heri)

Related Post