Waspada…Gelombang Laut Naik Hingga 15 Fit

56 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Gelombang tinggi di pantai selatan Gunungkidul mulai hari ini naik. Diperkirakan tinggi gelombang tersebut mencapai 15 fit atau setara dengan 5 meter.

Kondisi ini membuat petugas harus selalu memberikan himbauan kepada para pengunjung. Seperti yang terjadi di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari, Minggu (22/4/2018).

“Gelombang tinggi terjadi tidak hanya pantai Baron namun seluruh pantai selatan. Gelombang pun cukup besar dibanding sebelumnya,” kata Sekertaris Korwil SAR Wilayah ll, Surisdiyanto kepada Gunungkidulpost.com.

Menurut Surisdiyanto, dengan tingginya gelombang pantai selatan ini, pihaknya terus melakukan himbauan kepada masyarakat melalui pos pantau di semua titik pantai.

“Kami sejak tadi pagi telah memberikan himbauan baik ke pengunjung maupun ke semua nelayan di wilayah Gunungkidul. Hal itu untuk langkah antisipasi terjadinya hantaman gelombang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengaku saat ini petugas dibantu dengan nelayan telah melakukan evakuasi kapal yang diparkir di bibir pantai untuk mengantisipasi terjangan gelombang tinggi yang mencapai hingga 5 meter.

“Ini dilakukan kerjabakti dan mengevakuasi kapal yang diparkir di pinggir pantai,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu nelayan di Pantai Baron, Sunarto mengaku, dengan adanya peningkatan tinggi gelombang, ia memutuskan tetap pergi melaut.

“Entah sampai kapan namun yang pasti hari ini saya memilih untuk tetap melaut,” ungkapnya. (Susanti)

Related Post