Waspada Imigran Gelap, Polisi Siaga Jalur Laut

542 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kepolisian Resor Kabupaten Gunungkidul mewaspadai perairan pantai selatan yang sering dijadikan jalur pengiriman imigran gelap.

Kepala Satuan Polair Gunung Kidul AKP Sunarto di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan dari sejumlah kasus yang terjadi beberapa tahun lalu, Gunungkidul potensial untuk penyaluran imigran gelap ke wilayah Australia. Pihaknya terus melakukan pemantauan, dengan cara patroli.

“Patroli dilakukan sebagai langkah antisipasi masuknya kapal asing dan penyelundupan manusia atau melalui jalur laut,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (2/3/2017).

Ia mengatakan ada beberapa jalur penyelundupan imigran menuju Christmas Island, di antaranya adalah Pantai Gesing di Girikarto, Panggang, Pantai Ngrenehan, di Desa Kanigoro, Saptosari, Pantai Kukup di Tanjungsari, Pantai Sundak, dan beberapa pantai kecil lainnya. 

Kasus penyelundupan imigran gelap terakhir terjadi pada 2013 sebanyak 30 imigran, di antaranya berasal dari Somalia 11 orang, Myanmar lima orang, Pakistan 13 orang dan Eritrea satu orang.

“Dari catatan kami sudah beberapa kali aksi penyelundupan berhasil digagalkan,” ujarnya.

Sunarto mengatakan ada enam kecamatan yang berpotensi menjadi jalur penyelundupan manusia, yakni Kecamatan Purwosari, Panggang, Saptosari, Tanjungsari, Tepus dan Girisubo.

“Gunungkidul merupakan jalur strategis, karena langsung berhadapan dengan negara tujuan para imigran. Ini yang patut kami waspadai,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post