Waspada Jalur Penyelundupan Narkoba Di Wilayah Gunungkidul

147 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Seiring perkembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul, potensi kerawanan kejahatan perlu ditingkatkan.

Hal itu lantara kawasan pesisir selatan sangat rawan menjadi jalur penyelundupan narkoba.

Sekretaris Dinas Sosial Gunungkidul Wijang Eka Aswarna mengatakan, kawasan pesisir selatan sangat rawan menjadi jalur penyelundupan narkoba.

Menurut dia, potensi kerawanan sebagai jalur penyelundupan belum ada penelitian secara ilimiah. Namun dugaan ini mengacu pada beberapa aspek seperti wilayah pesisir selatan yang merupakan daerah perbatasan yang langsung terhubung dengan laut lepas.

“Kerawanan memang belum ada penelitian secara ilimiah. Tetapi dugaan ini mengacu pada beberapa aspek seperti wilayah pesisir selatan yang merupakan daerah perbatasan,” katanya saat menyampaikan materi dalam sosialisasi pencegahan peredaran narkoba yang diselenggarakan Dinas Sosial DIY di Hotel Cykaraya, Kota Wonosari, Senin (12/3/2018).

Menurut Wijang, perkembangan pariwisata juga menjadi faktor penting, apalagi di wilayah pesisir juga memiliki koneksi yang cepat dengan perairan dengan Bali sebagai surga wisatawan dunia sehingga potensi tersebut menjadi semakin besar.

“Kawasan pantai ini bisa menjadi potensi dan kalau tidak diperhatikan dengan baik bisa memberikan pengaruh yang buruk,” papar Wijang.

Dia mengungkapkan, potensi penyelundupan melalui jalur selatan memang belum ada tanda-tanda yang kuat. Namun, lanjut Wijang, jika mengacu pada kondisi di jalur Pantura maka hal tersebut patut diwaspadai sehingga potensi itu dapat dicegah.

“Beberapa kasus pengungkapan penggunaan narkoba di wilayah pantai seperti Gesing dan Ngrenehan bisa menjadi awal sehingga potensi penyelundupan narkoba di Laut Selatan harus benar-benar diwaspadai,” bebernya.

Wijang menambahkan, potensi jalur selatan sebagai jalan penyelundupan narkoba bukan untuk menakut-nakuti. Namun sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat melakukan pencegahan sejak dini. (Bayu)

Related Post