Waspada!! Jelang Lebaran, Peredaran Upal Meningkat

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jajaran Polres Gunungkidul mengimbau masyarakat terhadap peredaraan uang palsu. Pasalnya mendekati lebaran, peredaran uang palsu semakin tinggi seiring dengan meningkatnya jual beli di pasaran.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino mengatakan, potensi peredaran uang palsu mungkin terjadi, terutama saat mendekati lebaran. Untuk itu, ia berharap agar masyarakat, khususnya para pedagang waspada sehingga tidak menjadi korban.

“Potensi itu sangat mungkin terjadi, apalagi semakin dekat dengan lebaran, di mana aktivitas jual beli di pasar mengalami peningkatan,” katanya kepada wartawan, Rabu (7/6/2017).

Menurutnya, kewaspadaan akan peredaran uang palsu dapat dilihat dari ciri fisik uang. Oleh karenanya, sebelum menerima dari pembeli, ada baiknya pedagang memeriksa keaslian uang tersebut.

“Dari ciri fisik sudah kelihatan uang itu asli atau tidak. Namun yang terpenting, saat menerimanya harus jeli dan teliti,” ungkapnya.

Diakuinya untuk menekan peredaran upal, pihaknya melakukan pemantauan di sejumlah toko dan pusat perbelanjaan yang menjelang lebaran ini mengalami peningkatan pembeli. Tidak hanya itu sejumlah pasar tradisional juga potensial menjadi peredaran upal diantaranya Pasar Argosari Wonosari, pasar hewan Siyono Harjo Desa Logandeng Kecamatan Playen, dan Pasar Munggi Kecamatan Semanu serta sejumlah pasar tradisional lain.

“Kalau memang curiga keaslian uang itu, akan lebih baik pedagang menolak pembayaran dengan uang tersebut,” katanya.

Lebih jauh diungkapkan Ngadino, jajaran Polres Gunungkidul beberapa kali mengungkap peredaran uang palsu. Kasus terbesar yang berhasil diungkap terjadi di 2016 lalu. Penangkapan dilakukan pada pertengahan Oktober tahun lalu dengan tersangka perwira tinggi kepolisian bersama dua orang temannya.

“Semua sudah diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tambahnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post