Waspada Kemarau Panjang, Peristiwa Kebakaran Jadi Perhatian Khusus

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Gunungkidul menjadi perhatian serius bagi Unit Pemadam Kebakaran Gunungkidul.

Pasalnya, dampak musim kemarau dimungkinkan menjadi penyebab utama meningkatnya potensi kebakaran.

“Kewaspadaan warga perlu ditingkatkan memasuki musim kemarau ini. Karena dari pengalaman peristiwa kebakaran dimusim kemarau mengalami peningkatan secara signifikan,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Diyono saat ditemui Gunungkidulpost.com, Jumat (18/5/2018).

Menurut dia, berdasarkan data yang ada sebanyak 19 kasus kebakaran di musim kemarau tahun lalu telah terjadi.

“Selama musim kemarau tahun lalu mulai bulan Juli hingga Agustus 2017 banyak terjadi peristiwa kebakaran,” ucapnya.

Diyono menambahkan, kasus kebakaran yang dimungkinkan terjadi selama musim kemarau tak hanya menimpa rumah atau bangunan saja, tapi juga di lahan pertanian maupun pekarangan warga.

Kondisi yang kering memudahkan percikan api dari sumber api menyulut bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti semak, daun yang kering, hingga tanaman.

“Kami tekankan bahwa warga harus selalu waspada dan berhati-hati jangan sampai pemicu kebakaran itu terjadi dilingkungan masyarakat,” imbuhnya.

Seperti tahun ini khususnya selama bulan Mei UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul telah menangani lima kasus kebakaran di wilayahnya.

Adapun penyebab kebakaran selain karena kesalahan teknis, korsleting listrik, tapi juga karena keteledoran manusia.

“Terakhir minggu lali waktu kebakaran lahan yang imbasnya kandang ayam hangus karena warga lalai mematikan. Seringkali kasus kebakaran terjadi akibat kecerobohan saat memasak atau menyalakan api,” tutupnya. (Santi)

Related Post