Waspada Longsor !!! Beberapa Hari Ini Berpotensi Hujan Deras

ilustrasi/net

ilustrasi/net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan deras dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Staf Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Indah Retno Wulan, dalam beberapa hari kedepan potensi hujan deras akan muncul di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya. Hal ini karena pasokan uap air yang cukup besar dari pesisir selatan jawa dan sumatra. “Ini karena adanya belokan dan pertemuan angin di selatan jawa. dampaknya ikut memperkuat proses pertumbuhan awan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (11/10/2016).

Menurutnya, potensi munculnya awan hujan ini juga lantaran adanya aliran masa udara dingin yang masuk ke wilayah Indonesia. Dari pemantauan alat penakar hujan tercatat curah hucan bisa mencapai 30 sampai 50 mm per hari. “Kini sudah masuk awal musim hujan, pada periode ini pun potensi hujan lebat masih muncul,” ujarnya.

Indah menambahkan, kondisi diatas bisa berdampak pada munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada periode beberapa hari kedepan. Untuk itu masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter di Perairan selatan Jawa,” pungkas Indah. (Bayu)

bmkgjogja cuacaburukjogja gunungkidul

Related Post