Waspada!! Penipuan Modus Sebar Dokumen Berhadiah

image

Kertas Palsu Modus Penipuan (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Aksi penipuan, sudah bermacam- macam cara dilakukan pelaku kejahatan untuk memperdaya korban agar tergiur dengan iming iming hadiah atau transferan uang, ada juga penyebaran kertas yang isinya mendapatkan hadiah.

Seperti surat PT. Torabika Eka Semesta hingga kertas yang berisi dengan mendapatkan hadiah 1 unit Mobil Toyota Alphard. Kertas ini biasanya disebar oleh pelaku di jalan untuk memancing penasaran korbanya.

Seperti yang dikatakan oleh Budi Santoso, warga Kepek, Wonosari,
Ia menemukan kertas tersebut atas nama PT. Torabika Eka Semesta yang ditemukannya di halaman depan rumahnya.

“Saya membuka dan melihat bahwa isinya bertuliskan mendapatkan hadiah 1 unit mobil Toyota Alphard, saya pikir tidak masuk akal, dan ini hanyalah penipuan,” katanya Jum’at (28/7/2017) siang.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Wonosari, Aiptu Andang Patriasmono mengungkapkan, hal seperti itu hanyalah modus penipuan, pelaku sengaja menyebar kertas yang bertuliskan akan mendapatkan hadiah ataupun berkas dokumen penting yang disebar dijalanan.

Ia menghimbau kepada masyarakat,dalam hal ini apa bila menemukan sesuatu berupa surat atau dokumen penting itu harus betul-betul diperhatikan dengan baik jangan sampai masyarakat tertipu.

“Jangan sampai nanti masyarakat melakukan komunikasi justru nanti malah bisa merugikan diri sendiri yang nantinya pelaku meminta imbalan uang hingga nantinya masyarakat malah tertipu,” katanya.

Selain itu, ia juga menghimbau agar masyarakat yang menerima telefon dari orang yang tidak dikenal dengan mengaku saudara untuk meminta transfer uang juga harus diperhatikan dan jangan mudah percaya.

“Jika ada yang menemukan hal-hal seperti ini bisa langsung dikomunikasikan ke pihak kepolisian,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post