Waspada Serangan Ubur-Ubur, Bupati Himbau Wisatawan

12 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Menjelang momen libur panjang wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai dihimbau lebih berhati-hati, pasalnya ubur-ubur yang dinilai berbahaya, sudah mulai muncul.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan berbarengan dengan lonjakan wisatawan pada lebaran mendatang dimungkinkan ubur-ubur mulai banyak bermunculan.

“Dimungkinkan jumlah pengunjung meningkat setelah lebaran nanti padahal berbarengan dengan musim dingin, dimana ubur-ubur mulai bermunculan dan harus diwaspadai jangan sampai asal pegang,” kata Badingah kepada wartawan, Minggu (3/6/2018) kemarin.

Badingah mengatakan berbagai persiapan juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya korban, mulai kordinasi dengan tim SAR maupun dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Gunungkidul, dan Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Puskesmas untuk menghindari resiko korban.

“Jangan sampai kurang siap dengan munculnya ubur-ubur. Kami telah berkoordinasi dengan pihak OPD maupun SAR untuk mengantisipasi serangan ubur-ubur ini,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan ubur-ubur memang mulai muncul, namun jumlahnya belum begitu banyak. Ia mengatakan kemungkinan muncul akhir Juni hingga Agustus.

“Wisatawan terpenting menaati himbauan petugas, jika ada ubur-ubur ya jangan dipegang. Tetapi kami juga selalu siap,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan munculnya ubur-ubur tidak perlu menjadi ketakutan untuk berwisata di Gunungkidul. Menurutnya jika berhati-hati tidak akan menjadi korban.

“Jangan takut untuk berwisata di Gunungkidul khususnya kawasan pantai, terpenting ya hati-hati saja jika ada ubur-ubur jangan dipegang,” ucap Hary. (Bayu)

Related Post