Wilayah Perbatasan Jadi Perhatian Khusus Pelanggaran Pemilu

109 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Wilayah perbatasan di Kabupaten Gunungkidul menjadi perhatian serius untuk melakukan pengawasan mejelang pesta demokrasi 2019 mendatang.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Gunungkidul saat ini mulai melakukan pemetaan atau penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) guna mengetahui Letak geografis sejumlah wilayah yang ada diperbatasan.

“Dikhawatirkan diwilayah perbatasan ada provokasi dari luar wilayah Gunungkidul,” kata Komisioner bidang pengawasan, humas, dan hubungan antar lembaga, Bawaslu Gunungkidul, Rosita, Kamis (30/8/2018).

Rosita juga mengatakan saat ini masih banyak daftar yang seharusnya sudah masuk dalam pemilih, namun belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) lantaran kendala E-KTP, hal tersebut harus menjadi perhatian dan harus diampil tindak lanjut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gunungkidul dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Gunungkidul.

“KPU, Kepolisian, kejaksaan, Kesbangpol Gunungkidul, Media Massa diharapkan dapat mencegah potensi kerawanan yang muncul,” paparnya.

Terpisah, Komisioner bidang teknis KPU Gunungkidul, Ahmad Ruslan Hani mengapresiasi dengan kegiatan Bawaslu Gunungkidul, diharapkan dengan begitu dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan melakukan pembekalan yang cukup untuk persiapan pelaksanaan pemilu,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post