Wisatawan Wediombo Menghilang, Petugas Lakukan Pencarian

137 views

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Hasbi Asidiq mahasiswa asal Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong,Bengkulu dilaporkan hilang saat berwisata di Pantai Wedi Ombo, Desa Jepitu,Kecamatan Girisubo, Minggu, (4/8/2019).

Sebelum dilaporkan hilang, korban sempat bermain-main air bersama temannya di kolam alami Pantai Wediombo sekitar pukul 16.30 WIB dan dilaporkan menghilang pukul 18.30 WIB.

Sunu Handoko Bayu Sagara Koordinator SAR Wulayah I Gunungkidul menyampaikan, setelah mendapat laporan petugas SAR pantai Wediombo segera melakukan pencarian di sekitar lokasi hilangnya korban sampai radius 1 km jalur darat.

“Namun pencarian sampai malam korban belum ditemukan. Hasilnya masih nihil,” katanya.

Sunu menceritakan, sebelum dilaporkan hilang kondisi gelombang pada kondisi surut. Korban bersama kedua temannya bermain air. Setelah selesai bermain air, korban juga sempat naik ke bebatuan pinggiran air sebelah selatan kolam, sementara kedua rekannya memesan makanan ke warung seputaran kolam alami.

“Beberapa saat kemudian korban masih terpantau di atas bebetuan. Bahkan rekannya masih sempat memanggil korban supaya ikut makan ke warung,”terang Sunu.

Tidak hanya itu, korban juga sempat dua kali diperingatkan rekannya supaya tidak terlalu dekat ke ombak. Namun panggilan itu tidak di hiraukan oleh korban.

“Batulah setelah beberapa menit, rekan korban mulai bingung karena korban sudah tidak terpantau diatas bebatuan semula korban berada,” ujarnya.

Dalam keadaan mulai panik, rekan korban kemudian mulai mencari dibantu pemilik warung. Namun hingga dua jam dilakukan pencarian korban tidak ditemukan.

“Setelah itu mereka langsung melaporkan hal tersebut ke pos ko SAR Wediombo,” kata Sunu.

Karena korban belum ditemukan, pencarian korban dilanjutkan pada Senin, (05/8). Pada pencarian dihari pertama dimulai pada pukul 05.30 WIB. Tim yang melakukan operasi pencarian dibagi menjadi 2 regu yaitu tim darat dan tim kapal.

Tim darat akan melakukan penyisiran ke beberapa titik yaitu sekitar lokasi hilangnya korban sebanyak 5 personil, Grendan 6 personil, Watu lumbung 6 personil, dan yang akan bejaga di posko 3 personil. Sementara tim kapal melakukan penyisiran melalui laut dengan menggunakan 1 perahu jukung 15 PK dengan 3 personil meliputi 1 nahkoda dan 2 ABK.

“Rute penyisiran pertama kelokasi hilangnya korban dan pergerakan selanjutnya membaca arah arus pada saat itu,”tutupnya. (Santi)

Related Post