Wow…Dana Aspirasi Anggota Dewan Naik 15 Miliar!

37 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Alokasi anggaran dana aspirasi bagi anggota DPRD Gunungkidul dalam rancangan APBD 2019 mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Dari data yang dihimpun, dana aspirasi tahun 2018 ini mencapai Rp 20 miliar. Sedangkan untuk tahun 2019, dana aspirasi yang dianggarkan dalam RAPBD sebesar Rp 35 miliar, atau naik Rp 15 miliar.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul Saptoyo mengatakan, besaran dana aspirasi anggota dewan yang ditetapkan dalam RAPBD 2019 masih akan dihitung kembali.

Besarannya akan dihitung kembali sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Yang terpenting adalah dapat menyerap aspirasi masyarakat, demi kemajuan masyarakat bersama,” katanya, Rabu (14/11/2018).

Saptoyo menegaskan bahwa angka Rp 35 milliar, masih dalam tahap usulan, masih harus diverifikasi terkait kewenangan, kapasitas OPD, maupun kemampuan keuangan daerah.

“Ini masih bersifat usulan dan masih ada revisi lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pentolan LSM Jejaring Rakyat Mandiri (jerami) Rino Caroko mengaku kenaikan anggaran harus ditinjau dari kemampuan. Sehingga kalau belum mampu tak usah dipaksakan.

“Saya rasa itu belum perly dinaikkan. Lebih baik anggaran untuk mengedepankan kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post