Wow…Nglanggeran Jadi Brand Sepona Indonesia

535 views

(Foto.Doc Gunungkidulpost.com)


Gunungkidulpost.com – Patuk – Dinas Pariwisata DIY bersama Kementerian Pariwisata melakukan sosialisasi brand pesona Indonesia di Desa Wisata Ngalanggeran, Kecamatan Patuk, Jumat (17/3/2017). 

Kepala Seksi Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata DIY Marlina Handayani mengatakan, Desa Wisata Nglanggeran telah menjadi salah satu objek wisata yang memiliki citra cukup baik. Namun masih perlu adanya peningkatan supaya lebih dikenal secara nasional maupun internasional. “Desa Nglanggeran sangat memiliki potensi untuk berkembang,” katanya kepada Gunungkidulpost.com. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta menambahkan,  sosialisasi brand pesona Indonesia dinilainya sangat penting untuk kemanjuan pariwisata di Indonesia. Terlebih kata dia Kementerian Pariwisata tahun ini menargetkan pergerakan wisatawan secara nasional untuk domestik mencapai 256 juta orang. Sedangkan pergerakan wisatawan mancanegara ditargetkan mencapai 15 juta orang.

Lanjutnya lagi sasaran sosialisasi brand pesona Indoensia adalah sejumlah pelaku industri kepariwisataan, perhotelan, akademisi hingga pemda hingga satuan kerja perangkat daerah di setiap kabupaten dan kota di DIY. Diharapkan sosialiasi tersebut dapat mensinergikan dan menyamakan pemahaman tentang kepariwisataan Indonesia.  “Tujuannya, tentu untuk menguatkan citra dari brand pariwisata nasional yakni Pesona Indonesia,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Pengelola Desa Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko mengkui, citra pariwisata memang sangat diperlukan. Namun wisata tak harus merubah budaya masyarakat sekitar. 

“Kami tidak ingin merubah kultur masyarat untuk meninggalkan pertanianya. Karena daya tarik desa wisata adalah segala aktifitas yang ada di desa tersebut, termasuk kegiatan pertanian,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post