Wow…Petani Bawang Gelar Panen Raya

image

Hasil Panen Bawang Merah Ditunjukkan Ke Awak Media. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Playen – Wajah sumringah tampak dari wajah para petani yang tergabung dalam komunitas Taruna Ubet Manunggal dan Kelompok Tani Tanjung 1 yang ada di Dusun Tanjung, Desa Bleberan, karena hari ini, Selasa, (25/7/2017) telah dilakukan panen raya bawang merah setelah kurang lebih 75 hari menunggu dari masa tanam yang di mulai sejak Mei 2017 lalu.

Bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang)  dari Jawa Barat yang menerapkan teknologi modern yakni menggunakan alat radiasi surya, lahan seluas 2.800 meter ditanami bibit bawang merah sebanyak 2 kuwintal.

Supartono, pemilik lahan untuk percobaan menanam bawang merah ini menyampaikan bahwa ini baru pertama kali dan merupakan percontohan untuk daerah lain.

“Dengan keberhasilan yang kita tunjukan, semoga dapat mendorong wilayah lain yang mempunyai potensi yang sama untuk melakukan hal yang sama dengan kita,” jelas Supartono.

Alat radiasi surya yang di gunakan saat ini diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian di lahan kering dan tandus.

“Alat kita pasang di bendungan, kemudian dialirkan ke lahan milik warga yang dekat dengan bendungan,” tambah Supartono.

Meski percobaan penanaman bawang merah ini baru pertama kalinya namun dianggap ini sudah cukup sukses, karena kualitas bawang merah yang di hasilkan sangat bagus dibanding prediksi awal. Untuk hasilnya Supartono mengaku belum di timbang, namun harapannya dari setiap 1 kg bibit yang ditanam dapat menghasilkan 10 kg bawang merah siap panen.

“Hasil dari panen raya kali ini sebagian akan kita gunakan sebagai bibit kemudian sebagian akan kita jual dan untuk konsumsi sendiri,” pungkas Supartono. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post