Zonasi Guru Di Gunungkidul Segera Digagas

93 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Wacana pemberlakuan zonasi guru di Bumi Handayani mulai digagas oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul.

Hal itu muncul setelah pemberlakuan zonasi siswa yang telah diterapkan pada PPDB tahun ini.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan wacana tersebut lahir lantaran pemberlakuan zonasi siswa yang telah diterapkan pada PPDB tahun ini. Sehingga dimungkinkan akan ada perkembangan ke arah zonasi guru yang bertujuan mendekatkan guru dengan tempat kerjanya.

“Sekarang sudah mulai zonasi dari sisi siswa, berikutnya akan berkembang mulai dari perbaikan sarana sekolah dan sekaligu zonasi guru juga akan dilakukan,” ucap Bahron kepada wartawan, Rabu (18/7/2018) siang.

Bahron menuturkan, rencana zonasi guru menurut Bahron belum akan diterapkan dalam waktu dekat ini. Pasalnya hingga saat ini belum ada regulasinya.

“Kami masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat, kalau iya ada nanti akan diterapkan,” tandasnya.

Dia mengungkapkan kendala yang mungkin dihadapi jika sistem zonasi ini diterapkan di Gunungkidul adalah kurangnya jumlah guru PNS. Dia menjelaskan guru SD saat ini masih butuh 800 orang sementara untuk SMP kekurangan 60 guru.

“Untuk pemerataan guru masih kesulitan,” paparnya.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul, Herry Kriswanto mengatakan sistem zonasi guru memang perlu adanya. Hal ini guna mendekatkan guru dengan tempat kerja sehingga lebih efektif dalam menjalankan tugas. Namun penerapan zonasi guru harus dilihat dari segi kualitas SDM.

“Kami setuju dan penetapan zonasi harus dilihat juga segi kualitas,” pungkas Herry. (Bayu)

Related Post