13 Desa Buka Layanan Adminduk

124 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul bekerja sama dengan 13 desa membuka layanan administrasi kependudukan (adminduk) secara online.

Adapun layanan yang diberikan meliputi akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga dan kartu identitas anak. Rencananya pelayanan ini akan berlangsung untuk tiga tahun ke depan.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja, mengatakan perjanjian kerja sama untuk layanan online merupakan bentuk inovasi untuk mempermudah dalam pelayanan. Ia menjelaskan di dalam teknis pelayanan masyarakat yang ingin mengajukan empat layanan adminduk yang meliputi akta kematian, kelahiran, KK dan KIA tidak perlu susah-susah ke layanan di tingkat kabupaten.

“Cukup mudah dan menyingkat waktu ada 13 desa yang akan dilakukan dalam tahap pertama,” katanya kepada wartawan, Kamis (9/5/2019) kemarin.

Menurut Markus setelah berkas untuk kebutuhan adminduk terkumpul, petugas desa kemudian merekam data menjadi bentuk soft file sehingga data tersebut bisa langsung dikirim ke Disdukcapil.

“Setelah proses ini selesai, maka tinggal menunggu layanan adminduk yang diinginkan,” katanya.

Dia berharap, dengan layanan online dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib adminduk.

“Dengan pelayanan online maka warga tidak perlu jauh-jauh melengkapi berkas yang kurang karena sudah bisa diproses di desa,” tutupnya. (Bayu)

 

Related Post