2020 Pemerintah Terapkan Sensus Digital

164 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah mulai tahun 2020 menerapkan sensus digital secara online. Hal itu dilakukan guna membuktikan wilayah Gunungkidul bukan lagi daerah tertinggal.

Melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunungkidul targetkan partisipasi sensus digital penduduk 2020 mencapai 25 persen.

Kepala BPS Gunungkidul, Sumarwiyanto mengatakan selain menggunakan sistem online pada sensus tahun 2020 ini juga akan menggunakan sistem yang berbeda dibandingkan sesnsus penduduk yang pernah dilakukan sebelumnya.

“Selama ini Gunungkidul kan dikenal daerah tertinggal kalau bisa mencapai target ini bisa untuk pembuktian bahwa Gunungkidul bukan lagi daerah tertinggal,” katanya, Jumat (27/9/2019).

“Awal bulan lalu sudah dilakukan rapat teknis nasional, Sensus penduduk akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang, kali ini sensus penduduk berbeda dengan sensus yang pernah dilakukan sebelumnya,” jelasnya.

Menurut Sumarwiyanto, sensus 2020 menggunakan data registrasi sebagai basis data dasar dan dilengkapi pada saat melakukan sensus penduduk.

Data dasar yang sesuai dengan sensus penduduk adalah data dari administrasi pendudukan, yaitu di Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Sensus 2020, ini sebagai upaya untuk menuju satu data kependudukan di Indonesia. Bulan Januari BPS seluruh Indonesia mengadakan sosialisasi dengan ketua RT atau pengurus yang bertujuan untuk sosialisasi terkait dengan sesus menggunakan sistem online,” ujarnya.

Lanjut, Sumarwi pada Bulan Februari hingga Maret akan dilakukan Sensus penduduk dengan menggunakan sistem online diharapkan masyarakat Kabupaten Gunungkidul ikut berpartisipasi langsung dalam melaksanakan sensus penduduk 2020.

“Selain sosialisasi harapannya bisa langsung praktek langsung dengan menggunakan HP andoid. BPS menyiapkan aplikasi web, dengan link sensus.bps.go.id. Kemudian masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan HP android bisa berpartisipasi online, tanpa perlu petugas datang ke rumah,” jelasnya. (red)

Related Post