Dana Desa Rp 42 Miliar Siap Dicairkan

917 views
 

ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dana desa sebesar Rp 42 Miliar akhirnya segera dicairkan oleh Menteri Keuangan kepada Kabupaten Gunungkidul. Dana tersebut merupakan bagian dari total dana desa 2016 yang mencapai Rp 103 miliar.

Sekretaris Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pemerintah pusat telah menggelontorkan Dana desa sebanyak Rp 42 miliar ke pemerintah daerah. Sedangkan, pencairan akan dilakukan kepada desa-desa yang sudah menyelesaikan dan melengkapi sejumlah berkas administrasi yang telah ditetapkan dalam aturan.

“Dana desa sudah cair tetapi masih di rekening daerah,” ketanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (27/9/2016).

Pencairan dana desa pada termin kedua ini dikatakannya perlu memenuhi sejumlah persyaratan, yakni menyampaikan laporan penggunaan dana desa pada termin sebelumnya. Selain itu, rencana penggunaan anggaran dana desa termin dua pun perlu dibubuhkan dalam persyaratan pengajuan pencairan dana.

“Desa harus memenuhi persyaratan agar cepat cair,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga berencana (BPMPKB) Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto membenarkan bahwa saat ini Dana desa masih berada di rekening APBD Gunungkidul.

“Minggu ini akan segera dapat disalurkan ke rekening desa,” ucapnya. (Bayu)

 

Related Post