ACT Sumbang 300 Kambing Untuk Warga Gunungkidul

263 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 300 ekor kambing kurban akan didistribusikan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY kebeberapa wilayah di Gunungkidul.

Beberapa wilayah yang akan memperoleh jatah kambing kurban dari ACT DIY diantaranya Desa Serut (Gedangsari) 30 ekor, Desa Hargomulyo (Gedangsari) 20 ekor, Desa Grogol (Paliyan) 40 ekor, Desa Sumberwungu (Tepus) 30 ekor, Desa Giripurwo (Purwosari) 20 ekor, Desa Sidorejo (Ponjong) 20 ekor, Desa Sumberejo (Semin) 40 ekor, Desa Bejiharjo (Karangmojo) 20 ekor, Desa Candirejo (Semin) 20 ekor, Desa Tepus (Tepus) 20 ekor, Desa Sambirejo (Ngawen) 20 ekor, dan Desa Plembutan (Playen) 20 ekor.

Bagus Suryanto, Kepala Cabang ACT DIY mengatakan, Gunungkidul dan Kulonprogo adalah daerah prioritas yang mendapatkan distribusi paling banyak.

“Pemilihan Kebupaten Gunungkidul sebagai wilayah prioritas distribusi kurban karena kabupaten Gunungkidul memang membutuhkan. Selain itu Gunungkidul merupakan daerah yang kini sedang dilanda kekeringan dan sebagian daerah mengalami gagal panen,”terangnya Kamis, (8/8/2019).

Bagus mengatakan, untuk wilayah DIY, pasokan hewan kurban didatangkan dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) binaan Global Wakaf-ACT yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Kambing-kambing kurban yang akan dikurbankan itu sebelumnya sudah ditimbang dengan berat rata-rata 27 kilogram dengan usia di atas 1 tahun agar memenuhi syarat sahnya hewan kurban,” kata Bagus.

Secara keseluruhan ACT menargetkan akan mendistribusikan hewan kurban di 265 kabupaten/kota yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan hampir ke 50 negara di dunia. (Santi)

Related Post