Ada Perubahan Mekanisme Penyaluran Dana Desa Terus Disosialisasi

79 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan DIY bersama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Koordinasi dan Sosialisasi Perubahan Mekanisme Penyaluran Dana Desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) di Bangsal Sewoko Projo Wonosari, Gunungkidul, Selasa (21/1/2020).

Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Perbendahraan Menyapa yang bertujuan untuk mengedukasi 144 Kepala Desa se-Kabupaten Gunungkidul serta 18 camat.

Melalui edukasi ini diharapkan penyaluran dana desa dilaksanakan dengan betul-betul efektif dan memiliki dampak signifikan pada desa.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen DIY Heru Pudyo Nugroho mengapresiasi penyelenggaraan Sosialisasi Perubahan Mekanisme Penyaluran Dana Desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) sebagai sharing informasi dan edukasi terkait perubahan Mekanisme Penyaluran Dana Desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) tahun 2020.

Lebih lanjut dia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul atas keberhasilannya mengelola Dana Desa hingga mendapatkan predikat Terbaik Pertama sebagai Pemerintah Daerah Berkinerja Terbaik Dalam Pelaksanaan
Dana Desa Tahun 2019 di wilayah DIY.

“Sangat kami apresiasi untuk Gunungkidul yang telah mengelola dana desa dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono dalam menyampaikan sambutannya Bupati Gunungkidul menyatakan bahwa keberadaan dana desa berperan startegis mendukung dalam pembangunan desa.

Pemerintah mendorong optimalisasi penggunaan dana desa agar penyaluran dana desa berjalan lancar, tepat waktu, serta tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat.

“Pelaksanaan dan pengelolaan dana desa di Gunungkidul telah berjalan dengan mekanisme yang ada dan tepat waktu. Oleh sebab itu, kami terus meningkatkan pengelolaan dana tersebut,” ujarnya.

Kepala DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul, Sujoko menyampaikan agar Pemerintah Desa segera memenuhi kelengkapan syarat pencairan dana desa agar dana desa bisa segera dicairkan untuk selanjutnya digunakan medukung pembangunan desa.

“Pengelolaan dana desa harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, efektif, efisien, dan akuntabel. Oleh sebab itu mari kita bekerjasama dengan penuh tanggung jawab untuk mengelola dana itu dengan tepat sasaran,” paparnya. (Red)

Related Post