Adu Jotos Antar Siswa Berujung Damai

671 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Purwosari – Perkelahian antar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Purwosari yang terjadi di JJLS Tangkil, Padukuhan Tlogowarak, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Sabtu (9/12) lalu akhirnya berhasil dimediasi oleh Polsek Purwosari.

Kapolsek Purwosari, AKP Budi Kustanto, S.H menyampaikan, mediasi kejadian perkelahian yang melibatkan puluhan pelajar SMK tersebut dilakukan di Mapolsek Purwosari.

“Kami langsung panggil beberapa saksi,yang terdiri dari siswa dan orang tuanya, guru dan juga tokoh masyarakat untuk langkah mediasi,” jelasnya, Senin (11/12). 

Kapolsek menjelaskan, dari hasil keterangan saksi, kejadian bermula saat salah satu siswa kelas X berinisial AF (17) warga Desa Giritirto dan R (18) siswa kelas XII warga Desa Giripurwo terlibat cek-cok yang dipicu karena saling berbenturan badan saat  pertandingan foodsal dalam rangka class metting di sekolahnya. 

“Pihak sekolah sempat melerai,dan keduanya tampak sudah berdamai, namun di luar jam sekolah keduanya ternyata masih meneruskan percekcokan yang berujung perkelahian,”terang Kapolsek. 

Lebih detail Kapolsek menjelaskan,keduanya terlibat perkelahian. R mengaku mukul sekali bagian wajah AF, dan AF mencekik leher R. Selanjutnya AF justru dipukuli puluhan teman-teman R, hingga AF mengalami luka lecet pada bagian leher dan bengkak pada bagian kepala dan pelipis mata.

Polsek Purwosari yang memperoleh informasi pun segera menerjunkan anggota untuk kooperatif mendatangi AF dan R di rumahnya sesaat setelah mereka berhenti berkelahi untuk dilakukan mediasi. Hal ini dilakukan agar permasalahan ini tidak berdampak lebih panjang, karena keduanya bersetatus pelajar dan masih dibawah umur.

“Kami hanya akan lakukan pembinaan, dari hasil mediasi keduannya bersepakat untuk damai,” tambahnya.

 

Dengan persetujuan orang tua masing-masing keduanya berjanji yang dinyatakan dalam surat pernyataan bahwa keduanya tidak akan mengulangi perbuatannya dan siap diproses hukum, jika mengulanginya.

Sementara itu, puluhan pelajar lain yang terlibat perkelahian oleh Polisi telah dikumpulkan dengan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan dilakukan pembinaan. 

“Puluhan pelajar yang masih satu sekolah tersebut telah kami berikan pembinaan di sekolah tadi pagi,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post