Alami Kecelakaan Kerja, Petugas Pengawas Pemilu Terima Santunan

106 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lima Petugas Pengawas Pemilu 2019 di Kabupaten Gunungkidul mendapat santunan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pemberian santunan secara simbolis diberikan di kantor Bawaslu Kabupaten Gunungkidul, Selasa, (10/9/2019).

Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono menyampaikan, santunan diberikan kepada petugas di tingkat kecamatan hingga pengawas tingkat TPS yang sempat mengalami kecelakaan kerja dalam menjalankan tugas pada Pemilu April 2019 lalu.

Total santunan yang diberikan yakni Rp 41.250.000,- dengan masing-masing penerima sebesar Rp 8.250.000,- dengan kriteria kecelakaan sedang dan tidak ada yang sampai meninggal dunia. Santunan diberikan Bawaslu RI yang disampaikan ke provinsi maupun ke kabupaten.

“Santunan diberikan secara serentak, namun jumlahnya berbeda-beda sesuai kriteria kecelakaan,” kata Bagas Sarwono.

Bagas menjelaskan, untuk petugas yang meninggal santunan yang diberikan sebesar 36 juta rupiah sementara yang luka berat sebesar 16 juta rupiah.

“Santunan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas ketugasan mereka dalam menjalankan tugas mengawal Pemilu dari awal hingga akhir,” terangnya.

Adapun petugas Bawaslu Gunungkidul yang mengalami kecelakaan kerja dan mendapatkan santunan diantaranya adalah Ketua Panwascam Patuk, Hernowo Among Susilo; Hari Lisyanto pengawas TPS di Putat, Kecamatan Patuk; Siti Nurhayati, Pengawas TPS di Jurangjero, Kecamatan Ngawen; Aris Wibowo, Kecamatan Wonosari, dan Sri Suryaningtias Petugas TPS di Mulusan, Kecamatan Paliyan.

Salah satu penerima santunan, Hernowo Among Susilo menceritakan, Dia mengalami kecelakaan saat hendak mengantarkan berkas dari Patuk ke kantor Bawaslu Gunungkidul.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan ia mengalami cidera kepala dan gegar otak ringan hingga luka pada kaki dan tangannya dan harus dirawat di rumah sakit selama 10 hari.

“Alhamdulillah dapat santunan. Ndak dapatpun sebenarnya saya juga tidak masalah, karena ini resiko ketugasan dan ini yang bisa saya lakukan dalam menyukseskan pesta demokrasi,” katanya.

Hernowo mengatakan, kedepan jika masih diberikan kesempatan untuk tugas seperti ini, Ia akan lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas. (Santi)

Related Post