Aneh..Air Luweng Blimbing Hilang Misterius

439 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Danau dadakan atau luweng Blimbing di Dusun Serpeng Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul mendadak kering.
Air yang tertampung di dalam luweng hilang seketika.

Salah seorang warga setempat, Suharto, yang sekaligus juga petani di sekitar luweng menceritakan fenomena mengeringnya air danau secara mendadak tersebut pada Minggu (21/1/2018) siang lalu. Sekitar pukul 14.00 WIB siang air masih memenuhi danau.

Saat memanen kacang, Suharto tiba-tiba mendengar suara gemuruh dari dasar danau. Air yang ada di dasar danau perlahan-lahan menyusut.

Lapisan tanah di pinggir danau juga tergerus ke dasar dan bertambah luas hingga belasan meter.

“Saya itu sedang berada di luweng baru itu, tiba-tiba ada suara gemuruh lalu saya periksa. Air di danau itu bergerak, menyusut,” ungkap Suharto, Senin (22/1/2018).

Diberitakan sebelumnya bahwa pada Selasa, (12 Desember 2017), Hujan dahsyat efek Siklon Tropis Cempaka 27-29 November 2017 luweng tersebut terisi oleh genangan air.

Jutaan meter kubik air hujan menggelontor, memenuhi, saluran besar dan kecil sistem akuifer bawah tanah. Luweng Jomblang, Ngingrong, Bribin, Kalisuci tergenang oleh air hujan.

Peristiwa ini membuat takjub warga sekitar yang seumur-umur belum pernah melihat fenomena alam seperti ini.

“Warga pun merasakan heran dengan adanya peristiwa ini lantaran belum pernag terjadi sebelumnya,” papar Suharto.

Luweng Blimbing yang semula berukuran mini, sekarang jadi lembah raksasa setelah genangan air mendadak lenyap. (Heri)

Related Post