Anggaran Rp 35 Miliar Untuk Akses Jalan Saptosari

100 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemkab Gunungkidul telah menyediakan anggaran sebesar Rp 35 milliar yang akan digunakan untuk pembangunan jalan yang mengarah ke daerah wisata.

Rencananya pembangunan itu akan menyasar di wilayah Kepek hingga Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, pembangunan sudah berjalan dari beberapa tahun lalu dan saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

“Tahun ini dialokasikan anggaran sebesar Rp 7 milliar untuk menggarap jalan sepanjang 1,2 kilometer, sedangkan jalur kepek hingga ngobaran masih ada ruas jalan sepanjang 3,5 kilometer yang belum dibangun,” katanya, Kamis (12/12/2019).

Ia menjelaskan total anggaran sebesar Rp 35 milliar tersebut berasal dari dana alokasi khusus fisik sedangkan sebagian lainnya berasal dari dana alokasi umum yang disalurkan dalam program APBD.

“Dana alokasi khusus fisik sebesar Rp 23 milliar sedangkan sisanya sebesar Rp 12 milliar berasal dari dana alokasi umum yang disalurkan dalam program keuangan APBD,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana, mengungkapkan bahwa pembangunan jalan kepek hngga Ngobaran sempat terhambat karena anggaran tidak mencukupi, hingga terancam tidak bisa dilanjutkan pada tahun depan.

Permasalahan tersebut dapat terpecahkan ketika dilakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Surabaya beberapa waktu lalu untuk membahas anggaran DAK.

“Awalnya pemkab berharap bantuan dari DAK sebesar Rp 35 milliar, namun dari permohonan yang disetujui sebesar Rp 23 milliar,” ujarnya. (Yup)

 

Related Post